Selasa, 14 Oktober 2014

ABOUT ME..



Who am I ? setiap denger pertanyaan itu, yang terlintas dalam kepala gue adalah jawaban “I’m Spiderman”. Mungkin karena efek nonton  trailer film spiderman berkali-kali. Dan untungnya kata who am I itu engga di pake pada trailer film  the plannet of apes. Kan ngga lucu kalo gue terdoktrin mengakui diri gue sebagai salah satu dari sekumpulan monyet frustasi. Ngaaah.

Tapi tetep aja gue bukan manusia laba-laba yang bisa ngeluarin jaring. Gue hanya anak perempuan yang harus nginep di ruang incubator pasca hari kelahiran gue pada tanggal 08 desember 1989 di rumah sakit fatmawati sampe rambut gue keriting karena kepanasan. By the way gue  di anugrahi nama yang indah sama bokap. Yaini, Nourmalia dara lestari. Kalian tau apa arti nama gue? Awalnya gua mau di kasih nama nur amalia . yang artinya cahaya amal. Tujuannya jelas, supaya anaknya gemar beramal. Tapi karena nyokap lahirannya kalah cepet dua hari sama tetangga gue, yang ternyata juga punya ide sama ama bokap, akhirnya harus mengalah. Maka nama nur amalia pun jatuh ke tangan yang membutuhkan. 

Sayangnya bokap itu bukan tipe orang yang mau nyerah gitu aja. Entah karena udah kekeh apa jangan-jangan bokap punya kenangan indah sama cewe bernama amalia.  Haha soal itu gue engga tau. Biar itu jadi urusan bokap sama nyokap aja. Mau amalia, ama rani, ama susi, ama saipul jamil .. itu bukan urusan gue.

Setelah menyendiri, semedi dan keluar masuk kamar mandi.. akhirnya terfikirlah bokap buat ngasih nama gue Nourmalia Dara lestari. Yang artinya… Nour itu sama aja kaya nur yang artinya cahaya. Cuma emang bokap gue sok nginggris atau emang lidahnya keseleo akhirnya kata nur jadi nour yang artinya cuahayua. ( agak lebay ).

Lalu malia.. agh ini nih.. sebenernya gue mau complain ke bokap. Amalia itu artinya amal. Tapi setelah hilang huruf “a” nya jadi mal, maka berganti pula artinya jadi harta. Maka jadilah nourmalia itu cahaya harta. Jadi jangan salahin gue juga kalo sekarang gue agak matre. Hahaha. kidding.

Next  ada kata dara.. Entah kenapa gue agak sebel kalo di sangkut pautin sama vokalisnya the virgin. Hey kita emang sama-sama cakep tapi gue ngga menjalani cinta terlarang dengan sesama jenis. Iyuh. By the way semua orang tau kalo dara itu artinya gadis. It means .. walaupun udah keriput nanti, I’m still a virgin. Yeah !! 

Last word for Lestari..  gue bingung cara mengartikan lestari. Yang terlintas tetang lestari adalah lagu.. lestari alamku, lestari desaku. Atau kalau di pelajaran bahasa Indonesia gue sering denger kata “kita harus melestarikan lingkungan kita”. Jadi apa sebenernya arti dari kata lestari ? apapun itu.. it means lo harus melestarikan gue guys. Jaga gue ya.. belum terlambat… ( iklan iki dan uka si terumbu karang.)

Tapi lo bisa panggil gue cukup dara aja. Beberapa ada juga sih yang manggil gue lia atau tari. Gue sih nengok aja asal jangan panggil gue kampret. Huft jadi inget sama nama jelek alias nama kesayangan. Dari kecil bokap yang emang jago bahasa inggris dan sering kali sok nginggris itu manggil gue moon alias bulan. Tapi yang sampai ke kuping sodara-sodara gue yang agak ke desa-desaan adalah emon. Mereka pikir bokap manggil gue emon, karena saat gue lahir film doraemon lagi booming-boomingnya. Maka sampai sekarang gue yang udah sebesar ini masih tetep di panggil emon sama keluarga besar gue. Bahkan menurun ke anak-anak mereka -,-“ ..  Cuma nyokap yang manggil gue dengan sebutan yaya atau aya. Bahasa cadel dari kata dara. dan panggilan aya ternyata di kunakan oleh keluarga ke dua gue sekarang. La Grande Famiglia Ici Moratti Depok.

Berlanjut soal nama jelek, keluarga ke-tiga gue waktu gue keraja di blok m plaza 21 pun punya nama panggilan yang ga kalah jelek,, yaitu coro, yang artinya cantik. Haha maksa, maksud gue kecoa.  Tapi bukan karena gue bertanduk dan punya sungut di bokong. Bukan juga karena badan gue bau atau karena gue suka galau di pojokan WC. Nama itu di pake Cuma karena gara-gara gue nulis nama dara di loker jadi doro. Karena huruf a kecil yang bulet-bulet kaya combro. Maka lahirlah nama coro dari kepala mereka yang emang licik, otak kriminal dan hoby ngebully orang. Sempet terlintas kenapa saat itu gue gak nulis aja nama raisa? Mungkin karena Raisa saat itu belum seterkenal saat dagang kopi kaya sekarang. But apapun itu, I love you so much guys. Pekerjaan sebagai guide bioskop tetep jadi nomor 1 di list pekerjaan paling menyenangkan sampai saat ini. hobby yang dibayar, ya kan??? Dan setiap gue ke blok m plaza 21 bakal tetep selalu terasa seperti pulang ke rumah.

Masih tentang gue. Karena ini blog gue bukan Saipul Jamil apalagi Raisa. Gue adalah anak satu-satunya dari satu bersaudara.  Its mean I’m alone.. makanya gue suka iri sama temen-temen gue yang sering di jagain sama abangnya. Dinakalin temen sekolah,, abangnya yang maju. Digodain anak komplek, abangnya yang maju. Diputusin cowonya, abangnya yang maju. Tau cowonya ternyata homo, abangnya kabur. Atau sama kaya tetangga gue yang bisa nyuruh-nyuruh adenya ke warung, jadi gue gak harus bersusah payah jalan ke warung sendiri. Hihi..

Sebenernya nyokap itu punya 5 orang anak. Tapi sayang waktu SMP nyokap kecelakaan dan ada gangguan dengan rahim beliau. Makanya nyokap harus selalu melahirkan dengan usia kandungan premature 6 atau 7 bulan. Termasuk gue. Sebenernya gue ini nomer 3. Kalo orang jawa bilang gue ini harus di ruwat. Karena junjung bangke nginjek bangke.. Ada juga yang bilang nyokap harus ngorbanin kebo buat gue. Tapi yang ada sekarang beliau malah sering ngorbanin perasaan. Ada yang bilang gigi gue harus di kikir. Idih sereeem. Tapi untungnya gue betawi tulen. Walau ada darah jogjanya juga sih, Jokowi alias Jogja karo Betawi. tapi  gak terlalu banyak mitos soal itu. 

Tapi yang gue tau, gue terlahir istimewa kaya cheribelle. Karena gue hidup berkat mimpi kedua orang tua gue dan gue hidup dengan tanggung jawab 4 orang sodara gue yang udah nyampe surga duluan  dan ngawasin gerak-gerik gue tiap hari sambil ngancem “Awas lo ye kalo sampe bikin nyokap nangis”. Huft ampuuuuun. Gue Cuma bisa berusaha mengiyakan sambil bilang ke mereka “Jangan lupa tag-in satu tempat di sana buat gue ya. Biar nanti kita satu komplek bre”. Entah seperti apa rupa mereka. Pastinya gak kalah kece dari adenya yang begajulan ini.

Itulah alasannya kenapa terasa banget tanggung jawab itu di pundak gue, sendirian. Makin terpuruk saat nahkoda kita. Pria yang lebih hebat dari ironman. Lebih cerdas dari Einstein. Lebih lucu dari sule. Lebih ganteng dari tom cruise waktu mandi, harus pergi meninggalkan kita untuk selamanya. Bokap wafat saat usia gue 8 tahun sepuluh hari karena sakit. Salah satu unforgettable moment dalam hidup gue. Dan sampai sekarang, moment itu selalu jadi list pertama dalam daftar hari sedih gue. Tinggalah gue berdua sama nyokap. Anak kecil berusia 8 tahun yang mulai berfikir “apa yang harus kita lakuin mah?”. Speechless.

Udah cukup sedih-sedihannya. Sekarang bicara tentang hoby. Hoby gue nulis, bikin cerpen, bikin puisi, termasuk baca juga. Kalo lagi serius, gue bisa ngabisin satu novel se-tebel breaking down hanya dalam waktu 3 jam. Makanya novel breaking down karya Stephanie meyer gue ampe lecek. Udah hatam 5 kali bre. Hahaha. Kalo soal komik, sumpah mampus gue suka banget ama cerita Sinichi Kudo yang ciut gara-gara mal nutrisi.

 Hoby gue yang lainnya adalah nonton. Movie favorite gue itu lebih ke animasi kolosal. Contoh kaya lord of the ring trilogy.  The hobbit Atau film-film serupa harry potter juga gue suka. Jack and the giant slayer, the avenger, premium rush, twilight, the day after tomorrow atau kaya step up, G.I. Joe yang seru-seru, lucu dan kerenlah.  Tapi bukan film-film kaya the conjuring, insidious, women in black. Huft gue gak terlalu suka horror. Tegang sih, tapi cape nontonnya. 90 menit durasi, 45 menit di pake buat nonton telapak tangan sendiri.

Soal music, music favorite gue gak terlalu hebat. Gue lebih suka lagu-lagu yang easy listening kaya Bruno mars, one direction, secondhand serenade, seybia, simple plan, hoobastank, evanescence atau fear east movement yang jedag-jedug juga suka :p

Kalo local gue lebih suka lagu-lagunya ipang, Payung teduh, raisa, ten2five, mocca,Sheila on 7, tulus atau nidji. Gue kurang suka dan agak alergi sama band-band yang nyanyinya agak mendayu-dayu dan pake poni miring nutupin muka. Entah kenapa.

Kalo olah raga.. masalah suka, dari dulu gue suka banget sama basket dan baseball. Tapi sebenernya ngga jago, Cuma sekedar bisa. Tapi engga ada satupun dari atlit pemain baseball yang gue kenal. Kalo di basket gue suka si monster, dirk nowitsky. Justru gue lebih tau football dan pemain-pemainnya. Awal suka football, gue suka sama Inzaghi dulu. Waktu doi masih pake seragam hitam putih. Sampe gue bikin di lemari tulisa filipo inzaghi gede bener. tapi bukan berarti gue nge-fans sama clubnya juga ya. Haha. 

Berganti tahun gue suka banget sama Chelsea. Gue suka sama lampardnya, jhon terri, apalagi mourinho. Begh.. he still THE ONE buat gue. Sayangnya beberapa tahun kemudian mou move. Dan saat itu juga gue tinggal di asrama dan gak ngikutin kabar mou lagi. Gue sibuk sekolah, sibuk berorganisasi, tau-tau mou udah sampe di bernabeu baru gue suka bola lagi. Gue suka sama semua pemain Madrid. Layaknya madridista gue benci Barcelona, messi dan antek-anteknya yang sok innocent. Gue sampe beli jersey, punya hoodey. Dan sialnya bebrapa tahun terakhir mou balik ke Chelsea, gue ketemu mantan yang seorang interisti. Dan di sinilah gue sekarang. Jersey Madrid gue masuk museum, dan Hidup bahagia as a internona depok. Wew,, ya mereka keluarga baru gue. Dan gue bener-bener jatuh cinta sama Internazionale Fc. Kecintaan gue pada club berakhir di inter, sedang cinta gue pada seseorang ?? hahaha who knows.. interisti ? why not. Apalagi kalo dia seorang pendaki dan musisi. #iniBukanKode.

Tapi akhir-akhir ini gue punya hobby baru yang bakal kita bahas nanti. Karena gue takut kalian mulai jenuh karena kepanjangan bre.. bahkan gue bisa bikin Novel personal literature dari cerita gue. At last Yang jelas gue suka hiking. Masih newbie dan lagi semangat-semangatnya. Sunrise pertama gue di 2958 mdpl takkan terlupakan. Samudra awan cikuray, padang edelweise tegal alun, surya kencana yang ngangenin. Huft pokoknya jangan Tanya kenapa kami jauh-jauh, cape-cape ke gunung. Coba dan lihat sendiri. 

Di cerita-cerita gue berikutnya, gue juga bakal cerita tentang orang yang bikin gue tergila-gila sama alam. Dia,, seseorang yang bikin gue nyaris gila karena galau. Ngaaaah. Daftar ke-4 dalam list hari sedih gue adalah dia. Sebut saja dia Aldi.

Thanks ya bree udah mampir-mampir ke blog ane. Liat-liat aja dulu, tapi jangan lupa kasih komennya.. keluar masuk room kali aja ketemu saipul jamil. Hehehe 
Kalo mau lebih akrab, follow me @nourmalia_dara.. 

Gracias ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar